Liburan

Menikmati Indahnya Sungai dan Mini Zoo : Cimory Riverside, Cisarua

Hai semua!! Bingungkah kalian weekend kali ini mau kemana? Nah, di postingan ini Mbak mau kasih referensi tempat rekreasi yang ada tidak jauh dari Jakarta. Mana lagi dong kalo bukan wilayah Puncak, Jawa Barat.

Wilayah Puncak terkenal dengan hamparan kebun tehnya yang luas, curug-curug (air terjun) nya yang bermacam-macam, hingga Gunung Gede Pangrango yang cukup menantang untuk ditanjaki.

Eitsss.. tapi untuk kali ini, Mbak gak akan kasih review mengenai tempat-tempat yang sudah disebut diatas, melainkan akan review tempat rekreasi yang ramah anak dan bisa dinikmati tua dan muda.

Adalah Cimory Riverside Cisarua.

Pada awalnya Cimory merupakan toko susu dan restaurant yang terletak di Cisarua, Puncak. Namun, saat ini berkembang dengan adanya tambahan toko coklat, toko busana, peternakan sapi dan Mini Zoo. Wuoohhh seru deh pokoknya.

Untuk lokasinya, tidak jauh dari pertigaan Gadog, dan hanya memakan waktu 15-20 menit (apabila weekdays) dari Vimala Hills. Apabila kalian datang dari arah Jakarta, posisinya sebelah kanan jalan sebelum Taman Safari.

Begitu kami parkir dan keluar mobil, sebetulnya sudah terawa hawa-hawa puncak yang sejuk dan dingin. Dan begitu memasuki lobby, sudah terjejer restaurant, Cimory Shop dan Chocomory disana. Namun, ketiga tempat itu akan kami singgahi nanti. Kali ini, kita harus ke Park Zoo nya!!

Dari Lobby, nanti akan patung Sapi Cimory dan disamping patung ada tangga menuju kebawah. Setelah menuruni tangga, di sebelah kiri akan banyak patung-patung botol yoghurt Cimory, gak jauh dari sana ada loket untuk pembelian tiket ke Park Zoo. Tapi sayangnya, lupa difoto ?

Untuk harga tiketnya, ke Park Zoo saja dikenakan biaya IDR 15.000/orang dan ke Monster Fish Aquarium adalah IDR 10.000/orang. Tiket bundling untuk kedua wahana adalah IDR 25.000/orang. Anak dengan tingga badan diatas 80 cm-120cm sudah diwajibkan memiliki tiket masuk

Setelah masuk dan menyusuri turunan berbatu, kami disambut dengan hamparan sungai Mega Mendung yang syahdu dan memanjakan mata pastinya. Udara yang segar paling tidak menjadi stressed-release

Eittssss.. jangan kelewat karena di sebelah kiri, sudah ada Monster Fish Aquarium menanti. Saat ini wahana tersebut sedang dalam masa renovasi, tapi kalian gak perlu khawatir karena wahana ini masih dibuka untuk umum, kok.

Emang ga semewah dan segede Sea World Ancol, tapi lumayan kok buat hiburan anak-anak yang kepo banget sama dunia perikanan air tawar.

ikan patin

Ada berbagai macam ikan disana, ada ikan Piranha, aligator, ikan patin, lele dan sebagainya. Ada juga touching pool, dimana para pengunjung disana bisa menyentuh ikan-ikan secara langsung. Woooowww, anak-anak sangat excited sekali hahaha.

touching pool

Disediakan 2 touching pool.

Di side lain, ada touching pool yang sangat membuat gw excited sekali. Ialaaaaahhhh……

fish therapy

Penasaran banget sih ini sebagai pen-tjinta terapi berbagai mode hahaha. Akhirnya langsung melulncur kesana dan kolamnya juga lumayan luas. Seluas touching pool yang ada fugu nya.

Ikan terapi biasanya akan selalu mengerubungi bagian tubuh manusia baik tangan maupun kaki yang dicelupkan dikolam tempat ikan tersebut berada. Ikan yang biasa dipakai adalah Ikan Garra Rupa. Ikan ini akan memakan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terasa lebih cerah dan bersih.

Penasaran dengan ikan terapinya? Sudah pasti…

Ikan yang digunakan disini merupakan Ikan Nilem, saudara sepupunya Ikan Garrarupa. Fungsi juga sama, memakan/mencium/mencubit sel kulit mati yang ada di tangan maupun kaki.

when I celup this tangan

Berasa lagi kendurian nih ikan-ikan ? Begitu tangan dimasukkan, langsung di kerubungilah tangan yang penuh polusi ini. Sekilas rasanya cekit-cekit, dan agak takut juga. Namun, setelah coba lebih lama, jadi pengen nyelupin tangan yang satunya. Kalo bisa, kaki juga sekalian *ngelunjak*.

Ini merupakan wahana yang betul-betul bikin gw excited, secara gw belom pernah nyobain terapi ikan kayaknya gini. Dan abis itu langsung nge-list, dirumah beli kolam ikan yang isinya ikan terapi! ?

Sebenernya, wahana monster akuarium ini ga luas dan hanya seperti akuarium ala-ala. Untuk koleksinya juga tidak sebanyak akuarium lain di Jakarta. Tapi, untuk edukasinya lumayan sih.

aligator here!

Setelah puas mengelilingi Monster Akuarium, kini kita melanjutkan perjalanan menyusuri sungai untuk menuju ke peternakan sapi. Eitss.. tapi gak cuka sapi aja kok. Ada banyak hewan yang di pelihara di wahana farming zone ini.

Yang menarik adalah, disini ada rusa dan kangguru! Anak-anak langsung senang banget begitu melihat kangguru untuk pertama kalinya. Cuma untuk jenis kangguru kebetulan gak ada deskripsinya. Jadi gak yakin juga kalo yang dirawat itu kangguru dari Australia ?

Lalu ada komplotan rusa-rusa. Sayang banget sih, waktu kita datang kesana ternyata belum jam makan si rusa-rusa ini. *Tetiba keingetan pengalaman waktu ngasih makan rusa di Taman Bermain di Ipoh, Perak*.

Deer, ur so adorable!

Dan gak cuma itu, mereka punya angsa *atau pelikan sih? wkwk* yang ditempatin di kolam yang indah dan rindang banget. Langsung deh, ambil foto buat gaya-gaya haha.

Ada juga bird park, dimana berbagai macam unggas dirawat. Ada ayam kapas, ayam kalkun, burung kakaktua, burung merak dan berbagai burung eksotis lainnya.

Mereka juga merawat beberapa kera disana, kalau gw boleh bilang sih tempat rekreasi ini semacam semi-zoo gitu.

ini angsa atau pelikan sih?

Akhirnya sampai juga last destination taman ini, yaitu peternakan sapi!!!

Sapi yang dirawat disini ada sekitar 5-6 sapi dewasa dan juga 4-5 ekor sapi balita *halah*. Sapinya dikandang-kandangin di kandang sapi gitu *yaiya lah masa kandang kambing*. Kalian bisa mengelus-elus kepala si sapi balita yang sungguh jinak ini. 

Untuk sapi dewasa, juga sama dikandangin juga. Namun, ada 1 sapi yang tidak dikandang karena sapi tersebut boleh digunakan pengunjung untuk mencoba sensasi memeras susu langsung dari sapinya haha. Dan dipertenakan sapi ini ada aula mungil gitu yang mungkin digunakan untuk presentasi tentang sapi. Mungkin loh, ya. Karena pas kita dateng kebetulan lagi sepi.

Sayang banget sih, karena terlalu asyik sama suasananya, jadi lupa foto si peternakan sapi ini. Huh, saus tartar!

Setelah mengunjungi  seluruh wahana ini, kami balik kanan dan melewati jembatan yang membelah sungai. Keren banget. Dan diujung jembatan, ada ayunan yang sengaja dibuat diatas sungai. Buat foto-foto instagramable kali ya. Tapi, menurut gw kok ya kurang safety karena dibawah ayunan itu pas banget bebatuan kali yang lumayan juga.

rute balik. kembali menyusuri sungai

Akhirnya selesai juga exploring Farming Zoo dan Monster Fish Aquarium yang dikelola Cimory ini. Overall, gak begitu mengecewakan. Mengingat taman ini sudah banyak renovasi untuk wahana tambahan. Lumayan lah, buat alternatif liburan kalau bosan dengan kebun binatang di Jakarta ? Semoga, di waktu mendatang sudah lebih baik lagi dengan wahanan yang semakin bervariatif dan seru.

Untuk additional, disini ada tukang foto keliling untuk ngebantu kalian mengabadikan momen bersama keluarga. Hanya dengan IDR 20.000,- kalian sudah bisa dapat 2 kali take foto + cetak 1 foto + bisa bluetooth foto ke gadget kalian. Asyik, kan?

Lebih asyik lagi, setiap tiket masuk ke Farming Zoo dan Monster Fish Aquarium, akan mendapatkan freshmilk/yoghurt mini seperti ini.

Taraaaaaaaa!!

Lumayan untuk refreshner setelah lelah mengelilingi Cimory Park ini. Setelah itu, apabila lapar, jangan lupa mampir ke Cimory Restaurant yang menyajikan berbagai macam olahan sosis yang enak. Atau jangan lupa juga beli oleh-oleh untuk teman kantor di Cimory Dairy Shop dan mencicipi Moo Moo Roll Cake yang enak atau sekedar menyesap susu segar atau mengunjungi Chocomory, yang menjual aneka olahan coklat yang enak sekali. Selamat liburan !!! ? 

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *